Tutorial Belajar Gitar Melodi - Bag. 1

19 May 2012

Belajar Gitar Melodi

 Belajar Gitar Melodi


Pengen bisa main gitar melodi kayak Synyster Gates? Ni ane punya tutorial belajar gitar melodi, supaya ga asal maen jrang-jreng aja. :P

Waduh2, Btw ,, kali ini ane kayak guru nih, pake kasi tutorial belajar gitar melodi segala.. Padahal ane masih newbie dalam bermain gitar.. Supaya belum salah faham, ini sebenarnya ane cuma pengen nulis aja apa yang ane pelajari tentang belajar gitar melodi,, ga ada salahnya kan? langsung saja ya kalo gitu.. :D


Sebenarnya ane pengen kasi dalam bentuk video,, tapi ga ada kamera nya.. jadi ane coba bikin animasi gif nya aja pake potosop.. pahami dulu ya simbol2nya :P

belajar gitar melodi
Masa gambar di atas aja ente ga faham?? --" Oke deh ane jelasin..


Tangan Kanan (sbg Pemetik):
J: Jempol
T: Telunjuk
F: Tengah, Masa ane tulis T lagi? ya sebutan lain aja deh,, F*** :P
M: Manis, coba emut dulu,, kalo ga manis, ga usah dilanjutin deh :P
kelingking ga dipake, cz ini teknik finger picking.. B)

Tangan Kiri (sbg penekan senar):
1: Telunjuk
2: Tengah
3: Manis
4: Kelingking
Jempol pasti ga dipakek lah,, mana ada nekan senar pake jempol --"

belajar gitar melodi
Lihat gambar di atas.. Jempol digunakan untuk memetik 3 senar bass / senar tebal, sedangkan telunjuk, tengah, dan manis punya tempat masing2 pada senar treble / senar tipis..

Tahap Pelemasan

Lihat gambar di bawah ini, pelemasan cukup membutuhkan 4 fret saja. Telunjuk kiri (angka 1) tekan pada senar bass yang paling besar di fret mana saja, diikuti dengan jempol kanan (J) memetik pada senar tsb. Lalu Jari Tengah Kiri (angka 2) tekan pada fret sebelahnya, diikuti dengan jempol kanan (J) memetik senar tsb.. Dst.. Haduh sulitnya menggambarkan dengan tulisan >.<
belajar gitar melodi

Setelah Senar pertama di ulang2 sudah lemes/lancar,, yuk menuju senar berikutnya.. ini masih pake jempol..
belajar gitar melodi

Senar ke 2 diulang2 sudah lancar, ke senar ke 3, ini juga masih pake jempol..
belajar gitar melodi

Nah Senar ini MEMETIKNYA HARUS PAKAI TELUNJUK!! karena supaya terbiasa dan lincah pada semua jari..
belajar gitar melodi
Untuk senar selanjutnya, pake jari tengah, lalu yang senar terakir, pake jari manis..


Pelemasan Kedua

 lihat gambar dibawah ini. ikuti saja, jangan lupa jari2 tangan kanan harus sesuai dengan senarnya ya.. Ulangi terus menerus, Juga variasikan,, ini kan ke atas,, coba dari atas ke bawah, dll..
belajar gitar melodi

Bagian 1 cukup sampe disini dulu saja ya.. tunggu bagian selanjutnya.. Haduuh memang sulit menggambarkan dengan kata2 --"

========== UPDATE w/ VIDEO 28/12/2012 ================
=================================================


Mohon beri komentar di bawah ini... Sekian tulisan saya tentang belajar gitar melodi. Semoga tulisan saya bermanfaat, terima kasih,, Wassalam..
Sekarang Anda sedang membaca tulisan tentang Tutorial Belajar Gitar Melodi - Bag. 1. Anda boleh menyebarkannya dengan cara memberikan link http://megahnandaofficial.blogspot.com/2012/05/tutorial-belajar-gitar-melodi-bag-1.html kepada teman-teman Anda. Anda juga boleh mengkopi seluruh isi tulisan Tutorial Belajar Gitar Melodi - Bag. 1 ini dan menaruh di blog Anda, dengan catatan memberi link sumbernya. Mohon selalu diperhatikan etika dalam blogging.
Silakan berkomentar di kotak komentar Disqus. Saya sedikit kesusahan untuk membalas komentar di kotak komentar Facebook, jadi harap maklum jika komentar Anda tak terbalas.
comments powered by Disqus

 

Romance de Amor

lagi-lagi iklan:

Penggemar

Jika Anda merasa terbantu dengan tulisan saya di atas, tidak ada salahnya untuk pencet tombol Like :)
... atau Subscribe YouTube saya :)
Bukankah berbagi itu Indah?? :)
Maaf, jika Anda masih ingin melanjutkan membaca, klik tombol like di bawah ini terlebih dahulu ya.. :)


suka Gitar yaaa ^_^ ,, ayo buruan isi data kamu, dan gabung sama pegitar2 yang lain :D Daftarkan Segera

Rekomendasi

Since 30 Mar 2012